Nafisya Kaila Akbar (Mentari De Marelle) berusia 20 tahun biasa dipanggil Fisya adalah seorang gadis muslim modern yang kuat. Namun memiliki banyak permasalahan hidup terkait perceraian orang tuanya sehingga membuatnya tidak percaya dengan gagasan ‘pernikahan’. Fisya patah hati ketika sahabatnya, Jidan Hamdani (Baskara Mahendra) menyatakan niatnya untuk melamar kakak perempuannya, Salsya Sabila Akbar (Kezia Aletheia). Seorang saudari yang penuh kasih dan setia, Fisya melakukan yang terbaik untuk mengabaikan perasaannya dengan menyibukkan diri pada studi farmasi yang diambilnya.

Dr. Alif Syaibani Alexis (Miller Khan), guru pengganti baru yang tampan namun angkuh di kampus. Alif tampaknya berusaha keras untuk membuat hidup lebih sulit bagi Fisya, padahal sebenarnya baginya gadis muda yang tomboy dan mandiri ini mulai mencuri hatinya.

Sementara itu, Fisya menemukan ayahnya berada di rumah sakit dengan kondisi kritis. Berdamai dengannya, ia mengetahui bahwa keinginan terakhirnya adalah menyerahkan Fisya ke tangan imam (suami) sebelum ia meninggal. Selain kesedihan, Fisya menerima proposal dadakan dari Alif dan kisah cinta mereka yang tidak biasa dimulai. Sementara itu, Jidan mengetahui pertunangan Fisya dan mulai bertanya-tanya apakah dia melakukan kesalahan?

Pemeran Assalamualaikum Calon Imam

  • Mentari De Marelle sebagai Nafisya Kaila Akbar, mahasiswi farmasi tahun ketiga. Memiliki sikap santai, ekspresif, spontan dan sedikit canggung.
  • Miller Khan sebagai Dr. Alif Syaibani Alexis, pria yang mandiri dengan masa lalu yang keras. Bekerja sebagai dokter muda yang tegas, kaku, dingin dan religius.
  • Baskara Mahendra sebagai Jidan Hamdani, tetangga Fisya yang dingin, baik, santai, menyenangkan dan sangat berhati-hati dengan perasaannya.
  • Kezia Aletheia sebagai Salsya Sabila Akbar, kakak perempuan Fisya. Pendiam dan religius.
  • Dewi Irawan sebagai Umi Aisyah, Ibu dari Fisya dan Salsya. Pekerja keras, tenang, lembut dan cerewet.
  • Ray Sahetapy sebagai Abi Husein, Ayah Fisya dan Salsya. Sukses dan cerdik.